Domain Berbayar dan Free Hosting

2:40 PM 1 Comments A+ a-

Melanjutkan tulisan saya yang lalu tentang register domain di PANDI dimana kita menggunakan jasa Free DNS Redirect untuk mengarahkan Domain kita ke Freehosting. Kali ini Domain akan kita arahkan langsung ke FreeHosting yang saya ambil sampel disini adalah 000webhost. Mengapa 000webhost ? karena menurut saya 000webhost menyediakan fitur yang lumayan lengkap termasuk Instalasi CMS langsung melalui menu Fantastico di cPanel. Selain itu, 000webhost ini menyediakan bandwith yang lumayan sangat besar yaitu 100Gb … sehingga tidak perlu terlalu takut kehabisan bandwith saat Blog kita kebanjiran pengunjung dan yang paling keren lagi adalah GRATIS !! \:d/. Oke langsung saja, anggap saja kita sudah membeli domain di www.register.net.id dengan nama www.sekadariseng.web.id

kemudian go to http://000webhost.com, lakukan registrasi dengan cara klik pada menu signup isikan data-data yang diminta

Norjik-BloG

Gambar 1:

Isi entry domain dengan sekedariseng.web.id, kemudian isikan semua entry yang ada kecuali pada kolom Free Subdomain. Password harus diisi perpaduan angka dan huruf. Setelah semua diisi, klik create my account. Tunggu selama +/- 3 menit sampai proses building account selesai. Setelah proses building selesai, akan tampil halaman seperti pada gambar berikut :

Norjik-BloG

Gambar 2:

Nah, sekarang catat detail name server yang tertera pada bagian atas tersebut, name server itu lah yang nanti di masukan ke www.register.net.id tempat kita register domain. Jika pada posting lalu kita memasukan name server dari dns redirect sekarang kita langsung memasukan name server dari freehosting yang kita pakai. Jadi bisa langsung DOMAIN -> HOSTING bukan DOMAIN -> dns -> HOSTING. Lalu dimana bedanya ? jelas sekali nampak perbedaanya, apabila DOMAIN kita direct melalui DNS, maka link yang akan tampil di Address Bar akan tetap nama domain (http://sekedariseng.web.id) walau kita klik link posting. Ini sedikit akan menyulitkan mesin pencarian untuk mencari link posting kita, juga kita tidak bisa mengambil link posting dari domain kita. Bingung yah ? he..3x :d Kalau bingung silahkan coba dan lihat perbedaanya. Okeh, Back To Laptop….

Sekarang kita lanjutkan dengan menginstall CMS di Hosting kita, bagaimana memulainya ? perhatikan pada gambar di bawah ini :

Norjik-BloG

Gambar 3:

Pastikan yang tampil di atas adalah nama domain yang sudah anda buat tadi, klik GO. Kemudian akan tampil halaman cPanel untuk mengkonfigurasi hosting kita. Lupakan sejenak apa itu cPanel ;)) cari saja gambar seperti gambar di bawah ini, ketemu kan ? kalau tidak ketemu coba cuci muka sebentar, ambil kopi dan rokok (bagi yang merokok)

Norjik-BloG

Gambar 4:

Kemudian klik gambar yang saya beri tanda panah untuk menginstall CMS, setelah itu akan tampil daftar CMS yang bisa di install di hosting antara lain Wordpress, Jommla, Drupal dll. Pilih yang mana ? kita pilih saja yang umum untuk blog yaitu Wordpress. Klik yang mana ? perhatikan gambar Wordpress seperti berikut :

Norjik-BloG

Gambar 5:

Sekarang klik New Installation

Norjik-BloG

Gambar 6:

Pada Install on Domain sudah otomatis terpilih domain yang kita buat tadi, kosongkan install on directory karena kita akan menginstall pada root folder di hosting. Isikan Administrator username dan Passwordnya setelah itu klik install wordpress. Apakah tampil halaman berikut di Layar monitor anda ?

Norjik-BloG

Gambar 7:

Selamat, itu artinya anda sudah berhasil menginstall wordpress di Hosting anda. Dan untuk selanjutnya kita tinggal mengkonfigurasi Wordpress kita melalui Wp-Admin. Bagi yang sudah biasa bekerja dengan Wordpress saya rasa tidak akan menemui kesulitan yang berarti dalam mengkonfigurasi Wordpress. Untuk mengakses konfigurasi wordpress, ketikkan http://sekedariseng.web.id/wp-admin pada address bar anda. Menemui problem ? silahkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah. Oke selamat mencoba dan sukses. Salam :)





1 Komentar:

Write Komentar
aprie
AUTHOR
August 20, 2008 at 9:03 PM delete

hellow...
deos anyone can teach me how to change wordpress theme?
pusing..pusing nih...

Reply
avatar