Register Domain di PANDI

11:03 PM 1 Comments A+ a-

Kali ini kita akan mencoba membeli Domain di PANDI (Pengelolaan Domain Indonesia) yang beralamatkan di http://register.net.id dan kemudian di direct ke Hosting Gratisan ataupun ke webBlog. Untuk mendapatkan domain web.id sebenarnya tidak harus melalui http://register.net.id, masih banyak WebHosting berbayar lain nya yang menyediakan Jasa Hosting plus Domain Name web.id salah satu nya adalah RumahWeb. Tetapi kali ini saya akan coba bahas untuk cara register di PANDI. Bagi yang berminat mengikuti mari kita lanjut :


Silahkan rekan klik http://register.net.id, dan lakukan registrasi. Caranya cukup mudah, tapi bagi yang kesulitan silahkan lihat pada gambar berikut ini :

Norjik-BloG

Gambar 1 : Halaman Utama

Lakukan registrasi pada web ini, apabila registrasi sobat telah sukses maka sesaat akan menerima email konfirmasi seperti di bawah ini :

Yang Terhormat norjik,Terima kasih telah melakukan registrasi melalui Sistem Pengelolaan Domain Indonesia.
Berikut merupakan informasi pendaftaran anda:

Username: norjik

Password: ikaPPkls

Untuk mengaktifkan account anda dan mulai mendaftarkan domain, klik alamat situs di bawah ini.

https://register.net.id/registrant?navigation=activate&registrant_pk=90047&activation_code=71pl89be957073b44b3dbe7f756b6442

Jika tidak bisa, atau alamat tersebut tak dapat di-klik, mohon alamat tersebut disalin ke bagian alamat pada browser web anda: https://register.net.id/registrant?navigation=activate

Masukkan informasi di bawah ini ke dalam formulir yang tersedia dan tekan tombol Submit.

Username: norjik

Activation Code: 71cb89be56657073b44b3dbf756b6442

Begitu account anda diaktifkan anda dapat masuk ke halaman pengelolaan domain anda.
Mohon diperhatikan: Anda memiliki 7 (tujuh) hari untuk mengaktifkan account anda.
Jika dalam tujuh hari belum diaktifkan, account anda akan dihapus.
Sekali lagi, terima kasih telah mendaftar ke Sistem Pengelolaan Domain Indonesia.

Hormat Kami,
Pengelola Domain .ID - PANDI

OKe lanjut ..!!, setelah berhasil melakukan registrasi langkah berikutnya kita akan mengelola domain. Klik menu DOMAIN MANAGEMENT lalu DOMAIN LIST. Kemudian klik icon seperti pada gambar di bawah :

Norjik-BloG

Gambar 2 : Mengelola Domain

Isi form Informasi dengan jelas dan detail, dan pada isian NAME SERVER isikan seperti pada gambar berikut ini :

Norjik-BloG

Gambar 3: Pengisian name server

Name server yang ada pada contoh di atas adalah name server dari salah satu web yang menyediakan jasa dns redirect. Untuk kelengkapan pendaftaran kita di wajibkan untuk mengupload Tanda Pengenal kita berupa KTP. Jadi mesti ngirim scanner KTP dulu baru kmudian di Upload. Cara Uploadnya mudah, rasanya nggak perlu di urai disini :p. Setelah pendaftaran lengkap kita kembali akan mendapat email dari PANDI yang berisi Invoices… lho koq invoices ? ? Ya bener INVOICES, karena domain web.id ini tidak gratis. Kita harus rela mengeluarkan uang Rp 25.000,- untuk membayar sewa domain selama 1 Tahun, cuman Rp 25.000,-/tahun .. nggak beratlah :). Oke selanjutnya, agar nantinya Domain kita ini bisa mengarah ke alamat hosting maka di perlukan web yang menyediakan jasa DNS REDIRECT … nah yang ini baru gratis ..he3x. Oke, Segera saja kita menuju TKP, klik http://freedns.afraid.org dan seperti biasa lakukan registrasi. Caranya cukup mudah dan rasanya nggak perlu lagi pakai Skrinsut :p, setelah registrasi sukses kita kembali akan menerima email konfirmasi berupa URL untuk Aktifasi beserta password. Berikutnya kita akan lakukan setting DNS, klik DOMAIN dan masukan nama domain yang sudah didaftarkan di PANDI tadi contohnya norjik.web.id.

Norjik-BloG

Gambar 4: Domain yang di daftarkan

Klik Manage, kmudian pada halaman berikutnya masukkan alamat URL tujuan dimana Domain kita nanti akan mengarah ke web itu.

Norjik-BloG

Gambar 5: Alamat Web Tujuan

Beri tanda centang pada Cloak, untuk menyembunyikan alamat web asli. Lakukan hal yang sama untuk www.norjik.web.id. Oke selamat mencoba dan berhasil. Semoga bermanfaat. Salam :)

Tulisan serupa : www.norjik.com


1 Komentar:

Write Komentar
Anonymous
AUTHOR
August 23, 2008 at 12:08 AM delete

makasih ya infonya, lengkap banget ma gambar2 nya

maklum saya masi anak kemaren sore


thanx

Reply
avatar