Mengetahui lokasi pengirim email

7:10 PM 0 Comments A+ a-

Cukup lama saya kehilangan kontak dengan kawan kuliah. Cukup lama memang dan bisa di bilang sejak awal kami pisah belum ada kontak sama sekali. Akhirnya dengan ijin-NYA kami bisa ketemu lagi walau melalui Internet. Sungguh ajaib memang Internet ini sampai bisa mempertemukanku dengan sahabat-sahabat lama. Namun sedikit unik memang kawan saya ini, begitu saya tanya.."Ada dimana kamu skg Fren ?" ..dia tak mau menjawab. Dia hanya menjawab "Adalah, yg jelas masih di Indonesia" Begitu terus ketika saya tanya. Menyebal kan memang walau aku tau dia cuman bercanda. Nah, kami memang sering berkirim2an email dengan dia. Nah dari email yang saya terima itu lah saya bisa tau dimana kawan saya itu ?
Sekedar catatan, saya membuka dan mengirim email saya selalu via POP3 dengan alasan lebih mudah dan cepat. Dan kebetulan saya menggunakan Software Email Client INCREDIMAIL Lantas dari mana saya bisa tau lokasi dan ISP si pengirim email tersebut ?. Begini Caranya ....



Buka Incredimail, klik INBOX dan klik kanan email yang mau di identifikasi lalu klik Properties seperti gambar di bawah ini :

Gambar 1: Klik kanan pada inbox


Gambar 2 : Klik Tab Details

Perhatikan angka yang saya lingkari tersebut, angka tersebut adalah IP dari si pengirim email dalam contoh ini adalah IP kawan saya tersebut. Catat angka tersebut .., nah langkah berikutnya adalah mengetahui Lokasi IP tersebut. Sekedar catatan, cukup banyak web yang menyediakan jasa pendeteksian IP Salah satunya yang cukup Familiar adalah www.whois.sc
Oke tak usah berlama-lama, segera saja kita menuju web tersebut dan masukan IP sasaran seperti contoh pada gambar berikut :


Gambar 3: Masukan IP sasaran

Setelah IP sasaran di masukan, klik tombol LOOKUP. Tunggu sesaat dan lihat hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :

Gambar 4: Informasi dari IP

Nah cukup fantastik bukan hasil Lookup dari web tersebut ?akhirnya saya dapat mengetahui dimana kawan saya tersebut sekarang. Rupanya selama ini dia ada di BANDUNG dan saat mengirim Email tersebut ISP yang di gunakan adalah TELKOM SPEEDY. Tetapi, informasi tersebut bisa jadi salah apabila si pengirim email menggunakan Proxy server yang bisa berlokasi dimana saja. Sehingga Lokasi yang di tampilkan adalah lokasi dari Proxy Server tersebut. Tapi tak ada salahnya mencoba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)


Salam