Antena Wajan Penangkap Signal Internet

7:46 PM 3 Comments A+ a-



Liputan6.com, Jakarta: Sulit dipercaya, wajan dan paralon bisa dijadikan sebagai pemancar internet. Namun, belum lama ini, tiga siswa kelas dua Sekolah Menengah Pertama Alam Ciganjur, Jakarta Selatan, telah membuktikannya. Bayangkan, hanya bermodalkan wajan penggorengan bekas, paralon dan kabel, mereka merancangnya menjadi antena penangkap sinyal internet dengan pohon kelapa sebagai menaranya.

Di atas pohon kelapa itu terdapat rangkaian sebagai antena yang boleh percaya boleh tidak digunakan sebagai akses internet. Ide tentang antena wajan yang diberi nama Wajanbolic itu diketahui siswa Sekolah Alam saat mengakses internet. Bermodalkan kemauan, dirakitlah sebuah wajan, pipa paralon yang dilapisi kertas aluminium foil itu lantas dihubungkan dengan sebuah kabel ke komputer.

Selama proses perakitan Aldan dibantu kedua temannya. Mereka juga mendapat bimbingan dari pakar teknologi informasi kerakyatan, Onno W. Purbo dan Stefen Yauwanta. Maka, antene penangkap sinyal internet kreasi siswa Sekolah Alam itu tercipta. Dengan menggunakan antena wajan, biaya pemakaian internet akan jadi jauh lebih murah. Bahkan, kemungkinan untuk membuat internet jadi gratis bukan sesuatu hal yang mustahil.

Kecepatan akses internet menggunakan antena wajan tak berbeda dengan antena biasa. Namun, kendala yang ditemui ketika seseorang menggunakannya adalah keterbatasan panjang kabel untuk menghubungkan antena dengan komputer. Nah, ide tentang antena wajan itu memang cukup menginspirasi. Apalagi, memanfaatkan barang bekas dengan maksimal.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV) Baca berita sebenarnya.

"Kalau semua pakai antena wajan ini, mungkin internet di Indonesia akan lebih murah :d."

Sumber : Logone Weanku Dewe



3 Komentar

Write Komentar
June 24, 2009 at 12:40 AM delete

mohon info yang lengkap ya sertakan gmabar

Reply
avatar
steph chow
AUTHOR
April 25, 2010 at 12:31 AM delete

mohon gambar rangkaiannya d tampilkan

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
June 25, 2010 at 11:30 AM delete

Terimakasih ka, udah sediain kami ilmu tersebut tentang penangkap jaringan internet. Udah lama saya pengen belajar IT makanya melalui saya ingin kaka bisa bantuin saya merancang alat tersebut atau mengirim gambar rancangan kepada e-mail: antonsanyos@yahoo.com. Soalnya kami Timor Leste pengen belajar internet dirumah saja sulit banget....soalnya mahel....Jarak rumah saya dan Warnet Jauh Banget....mohon bantuin ilmu buat saya somoga Allah memberkati anda. Amin....Terimakasih ka????

Reply
avatar