Review TelkomselFlash Unlimeted

5:43 PM 1 Comments A+ a-

Nggak terasa sudah 4 bln lebih saya menggunakan Telkomselflash unlimeted dan bagi saya inilah saatnya untuk mereview. Nggak afdol rasanya kalau baru pakai kisaran dibawah 1 bulan udah coba review ISP yang saya gunakan ini. Bisa aja waktu awal kita menggunakan ISP tersebut towernya sedang di perbanyak sehingga lamban, atau pengguna masih sedikit sehingga internet terasa cepat. Review ini bisa di bilang hanya sepihak atau versi saya aja, dimana saya menggunakan Ponsel Sony Ericson P990i sebagai modem dan berlokasi di Balikpapan Tengah dan jarak terdekat dengan BTS Telkomsel adalah sekitar 500 mtr yang sudah barang tentu ini bukan jarak yang terlalu jauh. Saya menggunakan paket basic atau paket termurah lah dengan tarif Rp 125.000 + PPN 10% dan tawaran kecepatan UpTo 256kbps di quota 3Gb pertama dan UpTo 64kbps setelahnya, maklum buruh kecil macem saya ini belum mampu kalau harus ambil paket yang lebih cepat yang sudah barang tentu harganya lebih mahal. Mana sekarang ini apa-apa mahal ? belum lagi harus memenuhi kebutuhan keluarga. Sejak harga BBM naik harga-harga Sembako juga melambung ? Halah ! koq malah curhat ! .. Lanjut

Awal perkenalan dengan Telkomflash

Sebelumnya saya menggunakan MATRIX BROADBAND dengan modem ponsel Sony Ericson P990i tarif langganan Rp 135.000,- + PPN 10% (3 bln pertama dan setelahnya Rp 350.000,-) dengan jatah quota sebesar 1.2Gb.


Sampai saat berhenti berlangganan, bisa di bilang saya puas dengan layanan 3.5G nya Indosat ini, namun saya sering problem di OverQuota nya sehingga saya sering membayar lebih …walah mumet !. Dan pada akhirnya saya mendapat informasi dari Milis IT-KALTIM kalau ada Internet Unlimeted dari Telkomsel dengan tarif flat Rp 125.000,- + PPN 10%. Wedew, bukan main senengnya nggak karuan saya waktu itu. Esok harinya langsung datang ke GrahaPari telkomsel yang berada di Jl.Jendral Sudirman Balikpapan.

Kesan Awan

Kesan awal begitu menggoda, selanjutnya lumayan mengecewakan. Awal-awal saya menggunakan ini lah TelkomselFlash begitu cantik dan manis untuk ukuran kelas UpTo 256nya dengan tarif unlimeted. Downstream nggak pernah stuck alias Idle dan Koneksipun lancar.

Baiklah, saya mulai aja review versi saya ini dimulai dari Kelebihan dan Kekurangan yang barangkali ini bisa bermanfaat sebagai referensi buat rekan-rekan yang sedang mencari ISP unlimeted.

KELEBIHAN

1. Tarif murah : Dengan modal duit Rp 125.000,- + ppn 10% kita sudah bisa memiliki akses Internet Unlimeted mobile yang bisa di gunakan di manapun selama masih tercoverage dengan signal Telkomsel yang katanya “Begitu dekat begitu nyata”
2. Include Nomor Hallo : SimCard dari telkomflash unlimeted bisa di gunakan untuk telephone dan sms seperti biasa, karena SimCard tersebut adalah SimCard HALLO BEBAS BICARA tanpa limit pemakaian. Dan bisa juga di aktifkan HALLO CEK *888# untuk cek tagihan atau *887# untuk biaya transaksi terakhir.
3. Jarang DC : TelkomselFlash yang saya gunakan di balikpapan ini, jarang banget DC (baca Disconnect) bahkan nyaris tidak pernah. Pernah tiba-tiba DC dan sempat ngomel dalam hati, eh nggak taunya Ponsel nya yang kehabisan batere…payah !

KEKURANGAN

1. Sering Idle : Akhir-akhir ini sering Idle, sent data hidup tapi down mati. Terkadang kalau mau bersabar, downstream berjalan hanya nanti mati lagi sehingga menyebabkan akses menjadi lambat karena sering matinya downstream yang mengakibatkan stuck.
2. Jarang bisa maksimal : Untuk koneksi dimode 3G kurang sempurna, kecepatan yang di janjikan UpTo 256 jarang sekali terealisasi ..sehingga saya jadi malas untuk download. Rata-rata kecepetan kalau sedang sehat adalah 100 s.d 150kbps di mode 3G.
3. Lambat : Akhir-akhir ini sekitar jam 22.00 s.d 00.00 (kebetulan jam sgitu baru tidur) internet sering idle. Walaupun bergerak, tapi sangat lambat karena sering matinya downstream seperti di nomor 1 tadi.
4. Kurang transparan :Untuk tarif Rp 125.000/bln kita mendapatkan kecepatan UpTo 256kbps di 3Gb pertama dan UpTo 64kbps setelahnya. Tetapi, itu nggak bisa di jadikan patokan sama sekali. Karena kita nggak pernah tau berapa quota yang sudah kita habiskan sekarang ? apa sudah lebih 3Gb atau masih di 3Gb yang seharunya masih mendapat kecepatan UpTo 256kbps. Sebab pernah saya baru seminggu, dan kebetulan waktu itu saya jarang menggunakan internet. Saya coba telephone dan menanyakan perihal lambatnya internet yang saya gunakan waktu itu. Jawaban dari pihak Telkomsel “Bapak sudah melewati 3Gb pertama sehingga kecepetan di turunkan menjadi UpTo 64kbps“. Bagaikan di sambar gledek siang hari, walau takut juga kena sambar beneran. Saya kaget, lha internet jarang di pakai koq sudah sampai 3Gb ? ndownlut apa’an memang ? dan aneh nya 3 hari berselang internet kembali mulus jalan nya dan mendapat kecepatan +/- 150kbps. We lha .. kalo’ memang sudah habis jatah 3Gb khan nggak mungkin dapet lagi kecepatan segitu tuh …wah berarti informasi nya nggak akurat.
5. Melanjut di point 4 tadi, tidak ada nya monitoring penggunaan quota. Sehingga kalau tiba-tiba aja melambat .. sering kira-kira sendiri ..”oh apa udah lewat 3Gb nya ya ?“
6. Bandwith Sharing : memang sudah perjanjian sih dari awal bahwa telkomselflash menggunakan system bandwith sharing. Hanya saya nggak menyangka kalau sharing itu tidah hanya dengan pengguna internetnya saja, tapi juga share dengan pengguna Telephone dan Video Call, wah bukan maen … !! bayangin aja sendiri.

Yah begitulah kira-kira review saya tentang telkomselflash unlimeted yang saya gunakan ini. Mengenai bagus atau tidaknya koneksi Telkomselflash unlimeted ini juga masih bergantung pada lokasi tempat tinggal kita. Dan kesimpulannya, saya masih menetapkan telkomselflash unlimeted ini sebagai kendaraan saya untuk berselancar di dunia maya untuk silaturahmi ke blog rekan-rekan semua. Walau jaraknya dekat, tapi sering terlambat datang …. maklum karena jalan sering rame jadinya macet deh dan lambat sampai “rumah” rekan-rekan semua.


1 Komentar:

Write Komentar
November 6, 2008 at 6:52 AM delete

Sayang ya pak Telkomflash nya cuma dipakai 3G saja. Bukankah 3,5 G-nya juga bisa 'on'...katanya bisa sampa berapaaaa MB gitu speed-nya!

Reply
avatar